Resep ayam kukus Restoran Angke Jakarta

Resep ayam kukusResep ayam kukus ini terinspirasi oleh cita rasa Restoran Angke Jakarta AyamHainan kesukaan saya. Cara membuatnya gampang, keluargapun pasti suka :) .
Restoran Angke adalah salah satu tempat terbaik untuk merasakan masakan khas Tiongkok di Jakarta. Di restoran ini, Anda dapat menjajal sajian lindung cah fumak, ayam kukus dan masakan dari udang, serta burung dara goreng kering.

Cara membuat nasi hainan yang gurih ini tidak menggunakan santan. Melainkan dengan menggunakan kaldu ayam karena lebih ringan dan sehat. Apalagi kalau kaldu ayamnya bikinan sendiri :) .  Biasanya saya memasak nasinya di rice cooker. Dengan cara airnya  saya ganti dengan kaldu ayam dan ditambah dengan sedikit garam biar rasanya lebih mantap.

Ada berbagai cara membuat nasi hainan. Resep saya ini mungkin sangat berbeda dengan resep aslinya yang berasal dari negara Cina. Namun saya jamin rasanya tidak kalah enaknya :) .
Sering kali sepulang dari makan di restaurant favourite saya, langsung bikin saya penasaran untuk memasak makanan dari restaurant tersebut. Kalau kalian doyan jajan atau makan di luar dan suka masak seperti saya, pasti kalian pernah mengalami hal ini.  Kalau saya sudah berlangganan lama, kadang saya tanya langsung sama chef-nya (hehehheheh pura-pura bermuka tebal gitu :) ). At least I tried, daripada terus dipikirin jadi jerawat hahahhhaha….
Ok, let’s do it, shall we:

Resep Ayam Kukus Saus Jahe

Penulis: Resep Masakan Dapur Arie
Jenis Resep: Poultry - Chicken
Cuisine: Asian
Porsi: 8
Bahan:
1 atau 2 ekor ayam (kira-kira 2kg), cuci bersih
1 bawang bombay ukuran besar, kupas, iris sesukannya
5cm jahe, memarkan
1 bungkul bawang putih (10 butir), kupas, memarkan
1 sdm merica bubuk
1 sdm garam
1 sdm minyak wijen
Saus asin secukupnya
Nasi gurih untuk teman hidang
Bahan Saus:
6 sdm minyak kacang tanah (peanut oil)
6 butir bawang putih, haluskan
3 sdm jahe yang sudah di iris kecil memanjang
10 helai daun bawang, iris tipis
3 sdm minyak wijen

Cara Membuat:
Masukkan air secukupnya di panci kukus, didihkan.
Masukkan bawang bombay, jahe, bawang putih, merica, minyak wijen dan garam.
Pasang sarangan kukusan.
Masukkan ayam, siram dengan kecap asin sampai rata (kira-kira 4 sdm). Tutup.
Kukus ayam kira-kira 1 jam atau sampai ayam masak dan lunak. Matikan api.
Angkat ayam dari kukusan, iris sesukannya, hidangkan dengan nasi gurih dan sausnya.

Notes
Air sisa dari kukusan jangan sampai di buang karena bisa dijadikan kuah untuk teman hidang. Gunakan hanya airnya (atau juga bisa dengan rempah-rempahnya sekalian kalau suka) lalu taburi dengan irisan daun bawang.
Labels: Aneka masakan ayam, ayam, ayam kampung, daging ayam, Kukus, Resep, Resep Aneka Ayam dan Unggas

Thanks for reading Resep ayam kukus Restoran Angke Jakarta. Share kepada temanmu jika kamu rasa ini bermanfaat...!

0 Comment for "Resep ayam kukus Restoran Angke Jakarta"

Back To Top